ORDER LETTER and INQUIRY LETTER
ORDER LETTER
Definition of Order
Letter
a letter of order is a document that confirms the details of a purchase of
goods or services from one party to another. It usually includes more
information about what you are ordering, like quantity, model number, or color,
the payment terms, and the matter in which the products are to be shipped. When
the recipient receives this letter, they will process the order and send the
merchandise.
Order Letter
Surat permintaan penawaran adalah surat dari calon pembeli kepada penjual
yang isinya meminta penawaran. Maksudnya, calon pembeli meminta melalui surat
agar penjual mengajukan penawaran secara resmi kepadanya. Dengan adanya
penawaran dari penjual nantinya calon pembeli akan mengetahui harga, syarat
jual beli, dan keterangan tentang barang atau jasa yang akan dibeli. Inilah
yang menjadi tujuan calon pembeli menulis surat permintaan penawaran kepada
penjual. Bila calon pembeli telah mengetahui kondisi suatu barang/jasa berikut
harga dan syarat jual belinya, tentu ia tidak perlu lagi meminta penawaran dari
penjual.
Sementara di perusahaan besar, secara umum, biasa dilakukan dengan
menggunakan formulir pemesan resmi. Setiap kali Anda ingin membuat pesanan,
Anda dapat mengisi kolom yang tersedia. Formulir pemesanan atau sering disebut
pesanan pembelian (PO) biasanya terdiri dari:
- No. (number) (nomor)
- Unit price (harga peruntit)
- Description/ items (barang)
- Amount (Jumlah)
- Quantity (jumlah banyak
- Delivery date (tanggal pengiriman)
- Type (jenis)
- Terms of payment (cara pembayaran)
Contoh Order Letter :========================================================================
PT. SUSI SUSANTI SETIAWAN
Road. Citralestari No. 14 Cianjur
4325
Phone : 081912025006 E-mail :
nu9eulis@yahoo.com
20 July, 2013
No :
123/CB/VII/2013
in terms of : Mail Order Items
attachment : -
in terms of : Mail Order Items
attachment : -
Dear,
leadership PT. MUSRNI SUPPLIER
Road. Cendana Barat No. 11 Jakarta
With Respect,
Given our inventory dwindling, so we intend to order the following items :
No.
|
Name of Goods
|
Total
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Cooking oil
Kerosene Chicken eggs Bath soap Lifeboy Clear Shampoo Paper quarto Flag milk |
100 bottles
50 bottle
2 cartons.
500 pcs
400 bottles
4 ring
60 bottle
|
The goods on our message we hope will soon be sent
no later than 4 days after we
receivedthis letter is received.
So we made this letter, for your attention and cooperation we would like to thank.
So we made this letter, for your attention and cooperation we would like to thank.
Sincerely,
PT. SUSI SUSANTI
SETIAWAN
INQUIRY LETTER
Inquiry letter adalah sebuah jenis surat
permintaan atau permohonan informasi tentang suatu produk, jasa, lowongan
pekerjaan atau informasi bisnis lainnya.
Pada umumnya fungsi umum dari surat ini adalah untuk merespon suatu
periklanan dari sumber-sumber informasi seperti surat kabar, majalah atau media
elektronik tentang suatu produk/jasa saat kita tertarik dengan informasih yang
diperoleh tersebut.
Biasanya suart ini merupakan sebuah langkah awal dalam membangun sebuah bisnis
atau kerjasama dari dua pihak, yakni penyedia produk/jasa dan pembeli
produk/jasa tersebut.
Dalam surat ini, ada beberapa hal yang di bahas oleh si penyedia jasa/produk
yang merupakan pertanyaan dari pembeli agar dapat membantu pembeli itu
sendiri untuk mengetahui informasi tentang produk/jasa tersebut. Hal-hal
itu mencakup :
a. Nama dan jenis produk
b. Spesifikasi produk, yaitu; tipe, ukuran, kualitas, kapasitas dan lain-lain;
c. Harga satuannya.
d. Potongan harga;
e. Cara pembayarannya dari pembeli ke penjual;
f. Cara penyerahan produk dari penjual ke pembeli, dan
g. Kemudahan yang mungkin diperoleh pembeli, seperti garansi dan lain-lain.
b. Spesifikasi produk, yaitu; tipe, ukuran, kualitas, kapasitas dan lain-lain;
c. Harga satuannya.
d. Potongan harga;
e. Cara pembayarannya dari pembeli ke penjual;
f. Cara penyerahan produk dari penjual ke pembeli, dan
g. Kemudahan yang mungkin diperoleh pembeli, seperti garansi dan lain-lain.
- Contoh Balasan dari Inquiry letter :
- Kepala surat (header)
Tercantum Alamat, jika sebuah
instansi/perusahaan, pada bagian kepala surat bisa juga menggunakan kop surat
dari perusahaan/instansi tempat Anda bekerja dan cukup menuliskan alamat
perusahaan yang dituju.
- Tanggal surat (date) ; Contoh pada surat di atas : 25 june 2009
- Pembuka (openning)
Pembuka selalu diawali dengan salam.
Dalam opening tergantung surat formal/ non formal.
Contoh untuk non formal : Dear Rara
Contoh untuk formal : To Whom It May
Concern
- Referensi (reference)
Paragraf pertama selalu diawali
dengan referensi yang Anda temui tentang perusahaan yang dituju. Referensi
tersebut bisa berupa iklan di media cetak dan elektronik atau informasi bisnis
lain yang Anda dapatkan dari kolega bisnis yang bekerja di perusahaan tersebut.
Ekspresi yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
With reference to your advertisement
(ad) in … Atau
Regarding your advertisement (ad) in
…
- Permohonan informasi
Setelah menuliskan referensi, Anda
dapat melanjutkan dengan menuliskan permohonan informasi yang ingin Anda
dapatkan. Ekspresi yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
Would you please send me …
Atau Could you please send me …
Jika ada informasi lain yang ingin
Anda ketahui, Anda dapat menuliskannya dengan ekspresi berikut ini:
I would also like to know … Atau Could
you tell me whether …
- Penutup dan tanda tangan (signature)
Ekspresi yang umum digunakan pada
bagian penutup adalah:
Sincerely Atau ekspresi
formal yang juga lazim digunakan adalah: Yours faithfully
Setelah menuliskan penutup,
cantumkan nama serta jabatan (jika Anda merupakan seorang staf pada suatu
perusahaan).
CONTOH INQUIRY
LETTER
JAKARTA ART COMPANY
Jln. Merah Kuning
Hijau No. 45
Jakarta 200020
Ref : BB/AD/75A
24 October, 2014
Johnson Smith & Carlson Ltd
17 Fifth Avenue Street
Los Angels, LA
Dear Sirs,
We have seen your advertisement in the International News edition 20 october 2014, we are interested to buy different types of equipment and stationery that you offer.
For that we ask you can send some of the information that we need the following
1. Details of the items in more detail
Jakarta 200020
Ref : BB/AD/75A
24 October, 2014
Johnson Smith & Carlson Ltd
17 Fifth Avenue Street
Los Angels, LA
Dear Sirs,
We have seen your advertisement in the International News edition 20 october 2014, we are interested to buy different types of equipment and stationery that you offer.
For that we ask you can send some of the information that we need the following
1. Details of the items in more detail
2. price list
3. How to purchase the following method of payment
Booking will we do once we learn and reconsider the above information we receive. Hopefully this letter be a good beginning of cooperation between our companies.
Yours faithfully,
WilliamPurchase Manager
Booking will we do once we learn and reconsider the above information we receive. Hopefully this letter be a good beginning of cooperation between our companies.
Yours faithfully,
WilliamPurchase Manager
SUMBER :
Komentar
Posting Komentar